Minggu, 15 Juli 2012

TERYATA TIDUR MENDENGKUR DAPAT MENYEBABKAN KEMATIAN

TERYATA TIDUR MENDENGKUR DAPAT MENYEBABKAN KEMATIAN

Tidur disamping seseorang yang mendengkur memang sangat menyebalkan. Tapi tahukah kamu bahwa mendengkur itu dapat menyebabkan kematian?. Seseoorang yang tidur saat mendengkur biasanya terlihaat seperti tidur yang sangat nyenyak. Namun, seseorang yang mendengkur setiap tidur dapat beresiko untuk berhenti bernafas sesaat di saat ia sedang tertidur hal ini dapat memicu terjadinya penyakit jantung dan stroke.
Ketika seseorang sedang tertidur seluruh otot akan menjadi rileks, termasuk otot di langit langit mulut, tenggorokan, dan lidah. Hal tersebut akan menyebabkan sumbatan-sumbatan nafas sehingga akan menimbulkan suara dengkuran yang sering kita dengar
Orang yang selalu mendengkur dalam tidurnya merupkan suatu gejala utama OSA / obstructive sleep apnea. OSA sendiri adalah dimana terhentinya nafas di saat seseorang sedang tertidur dan kejadian ini terjadi berulang-ulang sehingga dapat menyebabkan menurunnya kadar oksigen di dalam darah
Saat tubuh merasa kekurangan oksigen maka otak akan mengirimkan sinyal ketubuh untuk segera terbangun. Sehingga Seseorang yang selalu mendengkur dalam tidurnya akan lebih sering terbangun. Kebiasaan ini tentunya akan mengurangi kualitas tidur penderita. Secara tidak langsung akan berdampak pada kesehatan seperti tekanan darah yang tinggi.
Agar terhindar dari komplikasi akibat OSA dan kebiasaan mendengkur,  disarankan untuk segera mengkonsultasikannya kedokter untuk mengidentifikasi penyakit & mengatasinya. Pada penderita OSA ringan, biasanya para dokter akan menganjurkan menurunkan berat badan atau mengubah posisi tidurnya.
Pastikan pasangan / anak anda tidak mengalami hal seperti ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar