Sabtu, 09 Mei 2009

PEMERIKSAAN ENDOSCOPY SALURAN CERNA BAGIAN ATAS ( EGD )


Pemeriksaan endoscopy saluran cerna bagian atas pada prinsipnya dilakukan secara sistematis yaitu sbb :

1.Inform consent.Surat persetujuan tindakan medis.
2.Klien berbaring di tempat tidur tindakan.
3.Melepas gigi palsu ,bila ada
4.Spray tenggorokan dengan xylocain 10 %.
5.Pemberian sedasi dengan obat midazolam 0,07-0,08mg/kg BB titrasi,kombinasi dengan Propofol
1-2 mg/kg BB titrasi .Semua obat tersebut diberikan secara intra vena.
6.Mouth piece diletakan di mulut penderita.
7.Tombol Light-source,CPU endoskop,printer,atau komputer/laptop mediview dinyalakan.
8.Scope endoskop dimasukkan kedalam mulut pasien melalui mouth piece,secara perlahan didorong terus mendekati dinding belakang faring dan pasien diperintah untuk menelan.Setelah scope masuk di esofagus pasien diperintahkan bernafas seperti biasa.Kemudian scope didorong masuk kedalam lambung sampi antrum prepilorik,berikan udara.Disaat yang bersamaan kita bisa melakukan capture/pengambilan gambar sebagai dokumentasi.Kemudian scope di buat retro ( U-turn ) setelah itu dilanjutkan masuk ke pilorus ke dalam bulbus duedunum,lalu masuk kedalam duedonum post bulber dan pars duedonum.
9.Bila perlu dilakukan biopsi untuk histopatologi.
10.Scope ditarik keluar tubuh pasien dengan suctioning agar pasien tidak kembung dan terasa sesak,diikuti capture gambar.
11.Bila sudah keluar lakukan suctioning disekitar faring dan orofaring agar tidak aspirasi oleh cairan saliva,kalau perlu dipasang mayo/nasofaring.
12.Jangan lupa setiap tindakan invasif selalu dimonitor dan pemberian oksigen tetap menjadi bagian yang tak kalah pentingnya.
13.Perhatikan segala kemungkinan yang mungkin timbul akibat pemberian obat obat sedasi,semisal alergi atau depresi nafas,riwayat pasien yang dapat menimbulkan masalah seperti asthma, penyakit jantung,lansia dsb.

Endoscopy saluran cerna bagian atas merupakaan pemeriksaan penunjang dalam menegakkan diagnosis penyakit saluran cerna yang penting dan dapat digunakan untuk melakukan penatalaksanaan atau pengobatanbeberapa penyakit saluran cerna atas.Prosedur endoskopi bagian tasa ini juga memiliki beberapa penyulit atau komplikasi,oleh karena itu harus dilakukan persiapan dengan baik ( PUASA TOTAL ) dan harus adanya inform consent pasien.Untuk lebih jelas ikuti link atau klik disini                                                                                     (yustinohari/rsdarmosby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar