Jumat, 08 Mei 2009

DAMPAK PSIKOSOSIAL DALAM PERAWATAN KLIEN KRITIS


Lingkngan perawatan kritis ( ICU ) merupakan suatu tempat yang tidak bersahabat ,menakutkan/mengancam,dan tidak menyenangkan bagi klien dan keluarganya baik secara fisik maupun psikologis.

A. Penyebab Stress di ICU / lingkungan perawatan kritis bagi klien :
1.Peralatan yang canggih
2.Bunyi Alarm
3.Aktivitas yang sibuk dan monoton
4.Terpasang Endotrakeal tube,kateter,selang drainase,selang respirator,selang infus,CVP dll
5.Nyeri
6.Tidak bisa tidur
7.Penyakit yang kritis
8.Immobilisasi
Immobilisasi disini bisa karena penyakitnya sehingga klien tidak mampu menggerakkan tubuhnya
atau karena gelisah klien direstrain ( diikat ).Bahkan klien yang tidak dilakukan restrain pun merasa sulit menggerakkan tubuhnya karena terpasang alat alat.
9.Isolasi.Klien merasa terisolasi dari sanak keluarganya serta teman temannya
10.Ketidakberdayaan .Klien merasa tidak berdaya karena tidak mampu mengontrol diri dan lingkungannya,mereka mengalami perubahan body image,perubahan kebiasaan diri,dan perubahan peran dalam keluarganya.
11.Komunikasi
a.Karena terpasang endotrakheal tube/tracheostomy,klien tidak bisa berkomunikasisecaraverbal untuk mengungkapkan keluhan maupun perasaanya.
b.Klien juga bisa mengalami stress karena mendengar pembicaraan staf icu tentang penyakitnya,prognosa dan pengobatan / tindakan yang sedang dilakukan terhadap dirinya.


Hal-hal tersebut diatas dapat mempengaruhi atau menimbulkan masalah terhadap fisik,psikologi emosi,sosial bahkan kultur dan spiritual.(yustinohari/rsdarmosby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar